Kunci Kehidupan Yang Lebih Baik, Enam Bidang Yang Perlu Ditingkatkan Dalam Manajemen Waktu

S O N I 9:17 PM


Manajemen waktu pada dasarnya adalah tentang fokus. Prinsip Pareto juga dikenal sebagai 'Aturan 80:20' menyatakan bahwa 80% upaya yang tidak diatur waktu atau tidak fokus hanya menghasilkan 20% dari output yang diinginkan. Namun, 80% dari output yang diinginkan dapat dihasilkan hanya dengan menggunakan 20% dari upaya yang dikelola dengan baik. Meskipun rasio '80:20' hanya arbitrer, digunakan untuk menekankan seberapa banyak yang hilang atau berapa banyak yang bisa diperoleh dengan manajemen waktu.

Beberapa orang melihat manajemen waktu sebagai daftar aturan yang melibatkan penjadwalan janji, penetapan tujuan, perencanaan menyeluruh, membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan dan memprioritaskan. Ini adalah dasar-dasar inti dari manajemen waktu yang harus dipahami untuk mengembangkan keterampilan manajemen waktu pribadi yang efisien. Keterampilan dasar ini dapat disesuaikan lebih lanjut untuk memasukkan poin yang lebih baik dari setiap keterampilan yang dapat memberi Anda cadangan ekstra untuk membuat hasil yang Anda inginkan.

Tetapi ada lebih banyak keterampilan yang terlibat dalam manajemen waktu daripada dasar-dasar inti. Keterampilan seperti pengambilan keputusan, kemampuan bawaan seperti kecerdasan emosional dan pemikiran kritis juga penting untuk pertumbuhan pribadi Anda.

Manajemen waktu pribadi melibatkan semua yang Anda lakukan. Tidak peduli seberapa besar dan tidak peduli seberapa kecil, semuanya penting. Setiap pengetahuan baru yang Anda peroleh, setiap saran baru yang Anda pertimbangkan, setiap keterampilan baru yang Anda kembangkan harus dipertimbangkan.

Memiliki gaya hidup yang seimbang harus menjadi hasil utama dalam memiliki manajemen waktu pribadi. Ini adalah aspek utama yang gagal dipahami oleh banyak praktisi manajemen waktu pribadi.

Manajemen waktu adalah tentang mendapatkan hasil, bukan tentang menjadi sibuk.

Enam bidang yang ingin ditingkatkan oleh manajemen waktu pribadi dalam kehidupan siapa pun adalah fisik, intelektual, sosial, karier, emosional, dan spiritual.

Aspek fisik melibatkan memiliki tubuh yang sehat, kurang stres dan kelelahan.

Aspek intelektual melibatkan pembelajaran dan aktivitas pertumbuhan mental lainnya.

Aspek sosial melibatkan pengembangan hubungan pribadi atau intim dan menjadi kontributor aktif bagi masyarakat.

Aspek karir melibatkan sekolah dan pekerjaan.

Aspek emosional melibatkan perasaan dan keinginan yang sesuai dan mewujudkannya.

Aspek spiritual melibatkan pencarian pribadi akan makna.

Merencanakan secara menyeluruh dan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan untuk masing-masing area utama mungkin tidak terlalu praktis, tetapi menentukan area mana dalam hidup Anda yang tidak memberikan perhatian yang cukup adalah bagian dari manajemen waktu. Setiap area menciptakan seluruh diri Anda, jika Anda mengabaikan satu area maka Anda mengabaikan bagian penting dari diri Anda.

Manajemen waktu pribadi seharusnya bukan tugas yang menakutkan. Ini adalah pendekatan yang sangat masuk akal dan masuk akal dalam memecahkan masalah besar atau kecil.

Cara terbaik untuk mempelajari manajemen waktu dan meningkatkan kehidupan pribadi Anda adalah dengan mengikuti beberapa aktivitas dasar.

Salah satunya adalah dengan sering meninjau tujuan Anda apakah itu tujuan langsung atau jangka panjang.

Cara untuk melakukannya adalah dengan menyimpan daftar yang selalu dapat diakses oleh Anda.

Selalu tentukan tugas mana yang perlu atau tidak perlu dalam mencapai tujuan Anda dan aktivitas mana yang membantu Anda mempertahankan gaya hidup yang seimbang.

Setiap orang dari kita memiliki waktu mengintip dan waktu ketika kita melambat, ini adalah siklus alami kita. Kita harus bisa memberi tahu kapan harus melakukan tugas-tugas sulit ketika kita paling tajam.

Belajar mengatakan "Tidak". Anda sebenarnya sering melihat saran ini. Mengindahkannya bahkan jika itu melibatkan mengucapkan kata kepada keluarga atau teman.

Tepuk diri Anda di belakang atau hadiahi diri Anda sendiri dengan cara apa pun untuk hasil manajemen waktu yang efektif.

Cobalah dan dapatkan kerjasama dari orang-orang di sekitar Anda yang benar-benar mendapat manfaat dari upaya manajemen waktu Anda.

Jangan menunda. Segera hadiri hal-hal yang diperlukan.

Miliki sikap positif dan siapkan diri Anda untuk sukses. Tetapi bersikaplah realistis dalam pendekatan Anda dalam mencapai tujuan Anda.

Miliki catatan atau jurnal semua aktivitas Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan hal-hal dalam perspektif yang tepat.

Ini adalah beberapa langkah yang awalnya Anda ambil untuk menjadi individu yang berpengetahuan luas.

Seperti yang dikatakan manajemen waktu pribadi adalah seni dan ilmu membangun kehidupan yang lebih baik.

Dari saat Anda mengintegrasikan ke dalam keterampilan manajemen waktu hidup Anda, Anda telah membuka beberapa opsi yang dapat memberikan spektrum solusi yang luas untuk pertumbuhan pribadi Anda. Ini juga menciptakan lebih banyak pintu bagi peluang untuk diketuk.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »