Semua Tentang Perawatan Kulit Sensitif

S O N I 5:52 AM


'Perawatan kulit sensitif' diatur oleh beberapa aturan dasar. Namun, bahkan sebelum kita mempelajari aturan untuk perawatan kulit sensitif, penting untuk memahami apa itu kulit sensitif. Kulit sensitif adalah kulit yang tidak tahan terhadap kondisi yang tidak menguntungkan (lingkungan/lainnya), dan mudah teriritasi jika terkena benda asing (termasuk produk perawatan kulit). Untuk alasan ini, beberapa produk secara khusus dilabeli sebagai produk perawatan kulit sensitif. Namun tingkat sensitivitas dapat bervariasi dari orang ke orang (dan tergantung pada itu, prosedur perawatan kulit sensitif juga bervariasi).

Umumnya, semua jenis kulit bereaksi negatif terhadap deterjen dan produk berbahan kimia lainnya. Namun, kerusakan mulai umumnya di luar ambang batas yang ditentukan (atau tingkat toleransi). Tingkat toleransi ini sangat rendah untuk jenis kulit sensitif, menyebabkan kulit menjadi rusak dengan sangat mudah dan cepat. Produk perawatan kulit sensitif menghindari potensi iritasi atau menyimpannya pada konsentrasi yang sangat rendah.

Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan kulit sensitif:

* Gunakan produk perawatan kulit sensitif saja (yaitu produk yang ditandai untuk perawatan kulit sensitif saja). Juga, periksa instruksi/catatan pada produk untuk melihat apakah ada batasan/peringatan khusus yang terkait dengan produk).

* Bahkan dalam rangkaian produk perawatan kulit sensitif, pilihlah yang memiliki bahan pengawet, pewarna, dan bahan tambahan lainnya yang minimal

* Jangan gunakan toner. Kebanyakan dari mereka berbasis alkohol dan tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif.

* Kenakan sarung tangan pelindung saat mencuci pakaian atau pembersihan berbahan kimia lainnya. Jika Anda alergi terhadap karet, Anda bisa mengenakan sarung tangan katun di bawah sarung tangan karet.

* Tip penting lainnya untuk 'perawatan kulit sensitif' adalah menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Oleskan lotion tabir surya sebelum keluar di bawah sinar matahari.

* Menghindari paparan debu dan polutan lainnya juga penting untuk perawatan kulit sensitif. Jadi, tutupi diri Anda dengan baik sebelum pergi keluar.

* Gunakan pelembab hypoallergenic, noncomedogenic sebagai produk perawatan kulit sensitif (jika tidak ada yang diberi label khusus sebagai produk perawatan kulit sensitif)

* Gunakan pembersih bebas sabun dan bebas alkohol. Bersihkan wajah Anda setiap kali Anda kembali dari menghabiskan waktu di luar rumah.

* Jangan menggosok atau mengelupas terlalu keras. Ini dapat menyebabkan kemerahan dan bahkan peradangan.

* Jangan biarkan riasan terlalu lama. Gunakan penghapus riasan hipoalergenik.

Jadi, perawatan kulit sensitif sangat berbeda dengan perawatan kulit biasa. Perawatan kulit sensitif lebih tentang berhati-hati dengan kulit Anda (baik dalam hal produk perawatan kulit sensitif dan perlindungan terhadap kekejaman lingkungan pada kulit).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »