Kebahagiaan Sejati Berasal Dari Dalam

S O N I 9:50 AM


Hidup bukanlah permen yang paling manis. Terkadang, ketika saya merasa dunia ini terlalu berat, saya melihat sekeliling dan menemukan orang-orang yang terus menjalani kehidupan yang menarik dan indah. Dan kemudian pikiran muncul di benak saya seperti gelembung entah dari mana – “Bagaimana hidup mereka menjadi begitu manis? Kenapa mereka masih bisa tertawa dan bermain-main di tengah kehidupan yang penuh tekanan?” Kemudian saya berhenti sejenak dan mengamati sebentar… Saya menemukan bahwa mungkin, mereka mulai bekerja di tempat yang disebut 'diri'.

Jadi, bagaimana seseorang menjadi benar-benar bahagia? Langkah 1 adalah mencintai diri sendiri.

Profesor teologi saya pernah berkata bahwa “mengasihi berarti menerima.” Mencintai diri sendiri berarti menerima bahwa Anda bukanlah makhluk yang sempurna, tetapi di balik ketidaksempurnaan harus ada keberanian besar untuk dapat menemukan cara bagaimana meningkatkan repertoar Anda untuk pulih dari kesalahan kita.

Kebahagiaan sejati juga berkaitan dengan kepuasan. Ketika Anda puas dengan pekerjaan yang Anda miliki, penampilan Anda, dengan keluarga Anda, teman-teman Anda, tempat tinggal Anda, mobil Anda, dan semua hal yang Anda miliki sekarang – sungguh, Anda tahu jawaban atas pertanyaan “bagaimana untuk benar-benar bahagia.”

Ketika kita menemukan awal yang kecil di suatu tempat dari dalam, awal yang kecil itu pada akhirnya akan mengarah ke sesuatu yang lain, dan ke sesuatu yang lain. Tetapi jika Anda terus mempertanyakan hidup yang menyala itu tidak pernah ada gunanya bagi Anda, Anda tidak akan pernah bisa menemukan kebahagiaan sejati.

Saya percaya bahwa hidup adalah tentang mencari tahu tentang benar dan salah, mencoba dan gagal, menang dan kalah. Ini adalah hal-hal yang terjadi sesering Anda menarik dan menghembuskan napas. Kegagalan, dalam kehidupan seseorang telah menjadi berlimpah dan diperlukan seperti udara. Tapi ini seharusnya tidak menghalangi kita untuk menjadi bahagia.

Bagaimana menjadi benar-benar bahagia terlepas dari semua ini? Saya beri tahu Anda… setiap kali Anda mengerahkan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan keberadaan Anda, apakah itu membersihkan kamar Anda, membantu teman, merawat anjing Anda yang sakit, gagal dalam ujian dan mencoba lagi, hidup memberi Anda kesetaraan poin untuk itu.

Bayangkan hidup sebagai papan skor besar seperti yang digunakan di NFL. Setiap kali Anda mengambil langkah maju, Anda mencetak poin. Bukankah menyenangkan untuk melihat papan itu di akhir setiap permainan dan berpikir dalam hati, “Wah! Saya mendapat poin hari ini. Saya senang saya mencobanya.", Alih-alih melihat semuanya kosong dan bergumam, "Ya ampun, saya bahkan tidak mencetak gol hari ini. Saya berharap saya punya nyali untuk mencoba. Kami bisa saja menang!” dan kemudian pergi.

Kebahagiaan sejati bukanlah tentang mengendarai mobil Formula 1 terpanas, atau mendapatkan penghargaan karyawan terbaik tahun ini, mendapatkan gaji 13 bulan tertinggi, atau mengalahkan kuota penjualan. Terkadang, hadiah yang paling dicari dalam hidup tidak selalu pergi ke yang tercepat, terkuat, paling berani atau bahkan bukan yang terbaik. Jadi, bagaimana Anda menjadi benar-benar bahagia? Setiap orang memiliki definisinya sendiri tentang 'kebahagiaan'. Kebahagiaan bagi seorang penulis dapat berarti meluncurkan sebanyak mungkin buku terlaris. Kebahagiaan bagi rookie basket bisa berarti mendapatkan penghargaan rookie of the year. Kebahagiaan bagi seorang pengemis bisa berarti banyak uang. Kebahagiaan bagi seorang pebisnis bisa berarti kesuksesan. Jadi, sebenarnya sekarang, bagaimana kita menjadi benar-benar bahagia? Sederhana. Anda tidak harus memiliki hal-hal terbaik di dunia ini. Ini tentang melakukan dan membuat yang terbaik dari setiap hal. Ketika Anda menemukan diri Anda tersenyum pada kesalahan Anda sendiri dan mengatakan pada diri sendiri "Oh, saya akan melakukan yang lebih baik lain kali", Anda membawa api kemauan yang kuat untuk bertahan yang mungkin menyebar seperti api semak. Anda memiliki kemauan untuk berdiri lagi dan mencoba – itu akan membuat Anda menjadi orang yang benar-benar bahagia.

Ketika Anda belajar menerima diri sendiri dan kesalahan Anda sendiri. Anda melewati langkah 1 dalam proyek “bagaimana menjadi benar-benar bahagia”. Selama Anda tahu bagaimana menerima orang lain, Anda juga akan diterima. Selama Anda mencintai dan tahu bagaimana mencintai, Anda akan menerima cinta sepuluh kali lipat.

Sekali lagi, berikan saya pertanyaan yang sama “bagaimana menjadi benar-benar bahagia?”. Saya akan merujuk Anda ke seorang teman saya yang dengan tegas mengutip- “Kebanyakan dari kita tahu bahwa tertawa adalah obat terbaik untuk rasa sakit dan sakit hidup. Tetapi kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa jenis tawa terbaik adalah menertawakan diri sendiri. Karena dengan begitu kamu tidak hanya menjadi bahagia… kamu menjadi bebas.”

Artikel Terkait

Previous
Next Post »