Meditasi : Meningkatkan kesadaran, fokus, dan konsentrasi, serta pandangan hidup yang lebih positif

S O N I 7:38 PM


Meditasi mengacu pada keadaan di mana tubuh dan pikiran Anda secara sadar rileks dan fokus. Praktisi seni ini melaporkan peningkatan kesadaran, fokus, dan konsentrasi, serta pandangan hidup yang lebih positif.

Meditasi paling sering dikaitkan dengan biksu, mistikus, dan disiplin spiritual lainnya. Namun, Anda tidak harus menjadi biksu atau mistikus untuk menikmati manfaatnya. Dan Anda bahkan tidak harus berada di tempat khusus untuk mempraktikkannya. Anda bahkan bisa mencobanya di ruang tamu Anda sendiri!

Meskipun ada banyak pendekatan berbeda untuk meditasi, prinsip dasarnya tetap sama. Yang paling penting di antara prinsip-prinsip ini adalah menghilangkan pikiran dan fantasi yang menghalangi, negatif, dan mengembara, dan menenangkan pikiran dengan rasa fokus yang dalam. Ini membersihkan pikiran dari puing-puing dan mempersiapkannya untuk kualitas aktivitas yang lebih tinggi.

Pikiran negatif yang Anda miliki – tentang tetangga yang berisik, rekan kantor yang suka memerintah, tiket parkir yang Anda dapatkan, dan spam yang tidak diinginkan – dikatakan berkontribusi pada 'pencemaran' pikiran, dan menutupnya memungkinkan 'pembersihan' pikiran. pikiran sehingga dapat fokus pada pikiran yang lebih dalam dan lebih bermakna.

Beberapa praktisi bahkan menutup semua input sensorik – tidak ada pemandangan, tidak ada suara, dan tidak ada yang disentuh – dan mencoba melepaskan diri dari keributan di sekitar mereka. Anda sekarang dapat fokus pada pemikiran yang mendalam dan mendalam jika ini adalah tujuan Anda. Ini mungkin tampak memekakkan telinga pada awalnya, karena kita semua terlalu terbiasa untuk terus-menerus mendengar dan melihat sesuatu, tetapi ketika Anda melanjutkan latihan ini, Anda akan menemukan diri Anda menjadi lebih sadar akan segala sesuatu di sekitar Anda.

Jika Anda merasa posisi meditasi yang Anda lihat di televisi mengancam – posisi punggung yang sangat melengkung, dan liuk yang tampak menyakitkan – Anda tidak perlu khawatir. Prinsipnya di sini adalah berada dalam posisi nyaman yang kondusif untuk konsentrasi. Ini mungkin sambil duduk bersila, berdiri, berbaring, dan bahkan berjalan.

Jika posisi tersebut memungkinkan Anda untuk rileks dan fokus, maka itu akan menjadi titik awal yang baik. Saat duduk atau berdiri, punggung harus lurus, tetapi tidak tegang atau kencang. Di posisi lain, satu-satunya larangan adalah membungkuk dan tertidur.

Pakaian yang longgar dan nyaman sangat membantu proses ini karena pakaian yang ketat cenderung membuat Anda tersedak dan membuat Anda merasa tegang.

Tempat Anda melakukan meditasi harus memiliki suasana yang menenangkan. Mungkin di ruang tamu Anda, atau kamar tidur, atau di mana pun Anda merasa nyaman. Anda mungkin menginginkan matras olahraga jika Anda berencana untuk mengambil posisi yang lebih menantang (jika Anda merasa lebih fokus melakukannya, dan jika manusia karet di Anda berteriak untuk dibebaskan). Anda mungkin ingin tempat itu diatur sedemikian rupa sehingga menenangkan indra Anda.

Keheningan membantu kebanyakan orang rileks dan bermeditasi, jadi Anda mungkin menginginkan tempat yang tenang dan terisolasi jauh dari dering telepon atau dengung mesin cuci. Aroma yang menyenangkan juga membantu dalam hal itu, jadi menyimpan lilin aromatik juga bukan ide yang buruk.

Para biksu yang Anda lihat di televisi membuat suara monoton itu sebenarnya sedang melakukan mantra mereka. Ini, dalam istilah sederhana, adalah kredo pendek, suara sederhana yang, bagi para praktisi ini, memiliki nilai mistik.

Anda tidak perlu melakukan seperti itu; namun, perlu diperhatikan bahwa berfokus pada tindakan berulang seperti bernapas, dan bersenandung membantu praktisi memasuki kondisi kesadaran yang lebih tinggi.

Prinsipnya di sini adalah fokus. Anda juga dapat mencoba memfokuskan pada objek atau pikiran tertentu, atau bahkan, sambil tetap membuka mata, fokus pada satu pemandangan.

Salah satu contoh rutinitas adalah – saat dalam keadaan meditasi – diam-diam menyebutkan setiap bagian tubuh Anda dan memfokuskan kesadaran Anda pada bagian itu. Saat melakukan ini, Anda harus waspada terhadap ketegangan di bagian tubuh mana pun. Visualisasikan secara mental melepaskan ketegangan ini. Ini bekerja dengan sangat baik.

Secara keseluruhan, meditasi adalah praktik yang relatif bebas risiko dan manfaatnya sepadan dengan usaha (atau tanpa usaha – ingat kita sedang bersantai).

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi memang membawa efek fisiologis yang bermanfaat bagi tubuh. Dan ada konsensus yang berkembang di komunitas medis untuk mempelajari lebih lanjut efeknya. Jadi dalam waktu dekat, siapa tahu, hal mistis dan esoteris yang kita sebut meditasi itu bisa menjadi ilmu itu sendiri!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »