Persyaratan Instalasi listrik

S O N I 10:42 PM

 


Persyaratan Instalasi listrik

Kesalahan dalam pemasangan, penggunaan maupun dalam perbaikan atau pemeliharaan instalasi listrik dapat menimbulkan bahaya atau kecelakaan  sehingga merugikan pengguna, peralatan maupun lingkungan. Bahaya yang ditimbulkan antara lain disebabkan oleh :

1. Arus hubung singkat ( konsleting ), menyebabkan kebakaran atau kerusakan pada peralatan ( peralatan instalasi atau peralatan pemakai )

2. Kejut listrik, yaitu arus berlebihan yang melalui tubuh

3. Panas yang timbul pada sambungan kabel, komponen atau alat pemakai.

 Untuk itu instalasi listrik harus memenuhi persyaratan utama sebagai berikut  :

1. Syarat Keselamatan kerja (Aman)

Yaitu keselamatan manusia, peralatan dan lingkungan. Jadi instalasi listrik harus aman bagi keselamatan pengguna ataupun orang-orang sekitar, aman bagi peralatan dan aman bagi alam sekitar.

2. Syarat keandalan (Andal)

Instalasi listrik harus bisa memenuhi fungsi dan kebutuhan pengguna secara terus menerus sebab pemutusan aliran listrik dapat merugikan pengguna, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan/kematian. Gangguan atau kerusakan yang mungkin timbul harus mudah dan cepat diperbaiki. Harus diusahakan agar terhentinya aliran listrik hanya ada pada daerah disekitar kerusakan/gangguan.

Sesuai dengan beban/pengguna, keandalan listrik dikatagorikan menjadi :

a. Keandalan sangat tinggi. 

Terhentinya aliran listrik bisa mengakbatkan kematian atau kecelakaan. Misal ruang operasi di rumah sakit, lift, eskalator, lalu lintas padat/ramai.

b. Keandalan tinggi. 

Terhentinya aliran listrik menyebabkan kerugian material yang sangat besar. Hal ini terjadi di pabrik-pabrik/industri.

c. Keandalan normal. 

Terhentinya aliran listrik tidak begitu berbahaya dan kerugian yang ditimbulkan cukup kecil. Misalnya di perumahan/pemukiman

d. Mutu. 

Artinya pengguna/konsumen harus mendapatkan aliran listrik yang sesuai dengan ukuran normal. Tegangan dan daya harus sesuai dengan kesepakatan.

3. Syarat  ekonomis

Biaya pemasangan dan pemeliharaan/perbaikan instalasi listrik sedikit mungkin, tetapi mendapatkan keuntungan yang besar/banyak. Jadi instalasi listrik harus dibuat sesederhana mungkin.

Guna memenuhi persyaratan di atas, maka instalasi listrik harus berpedoman dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Persyaratan Umum Instalasi Listrik tahun 2000 (PUIL 2000)



Artikel Terkait

Previous
Next Post »