Review Beberapa Software Gratis Pengganti Microsoft Office

S O N I 8:50 PM



Sudah beberapa bulan kemarin saya memutuskan meninggalkan Microsoft Office dan mulai mencari software perkantoran gratis sebagai gantinya. sebenarnya sudah sejak beberapa tahun terakhir ini saya sering memikirkan efek dari penggunaan software komersil secara ilegal dilihat dari sisi hukum yang merupakan sebuah pelanggaran hak cipta, dari sisi spiritual yang memang dalam agama yang saya anut melarang untuk mencuri hak orang lain, dari keyakinan tersebut dan kesadaran secara pribadi akhirnya saya memutuskan untuk meninggalkan segala perangkat lunak komersil ilegal dan mencari alternatif lain yang ternyata di luar sana sudah banyak tersedia perangkat lunak pengganti yang tak kalah powerful jika dibandingkan dengan software berbayar.

berikut beberapa perangkat lunak perkantoran yang sudah saya uji coba:

1. LibreOffice
perangkat lunak ini berasal dari kata Libre dalam bahasa spanyol berarti bebas dan Office dalam bahasa inggris berarti kantor, sebelumnya perangkat ini bernama OpenOffice yang dikembangkan oleh StarDivision kemudian akhirnya pengembangan OpenOffice dilanjutkan oleh perusahaan Apache, kemudian StarDivision mengembangkan lagi perangkat bernama LibreOffice, jadi sebenarnya dua software ini adalah bersaudara.
kelebihannya untuk melakukan pekerjaan perkantoran sangat powerful, dan memiliki kompatibilitas yang tinggi terhadap dokumen yang dihasilkan oleh MicrosoftOffice. kekurangannya software ini agak berat jika membuka dokumen dari Ms.Office.
komponen aplikasi yang terdapat didalam software ini terdiri dari:

Writer Document yang mirip dan digunakan sebagai pengganti Microsoft Words

Calc Spreadsheet sebagai pengganti Microsoft Excel

Impress Presentation digunakan sebagai pengganti Microsoft PowerPoint

Draw Drawing berfungsi sebagai pengganti Microsoft Visio

Math Formula digunakan untuk menyunting pekerjaan formula matematika

Base Database aplikasi untuk membuat database


2. FreeOffice
Software ini dikembangkan oleh perusahaan bernama SoftMaker FreeOffice, perangkat ini hanya memiliki 3 fitur perangkat lunak perkantoran yaitu Textmaker sebagai pengganti Ms.Word, PlanMaker sebagai pengganti Ms.Excel, kemudian Presentations sebagai pengganti Ms.Powerpoint.
dari pengalaman pribadi saya lebih nyaman menggunakan software ini karena dari menu tampilan sangat mirip dengan produk Ms.Office sehingga saya merasa lebih familiar menggunakan perangkat ini. kekurangannya saat membuka beberapa dokumen dari Ms.Office ada yang tidak bisa dibuka atau acak-acakan, saya sangat memaklumi hal ini karena kedua software ini FreeOffice dan MicrosoftOffice dikembangkan oleh perusahaan yang berdeda, lha wong MicrosoftOffice saja yang berbeda versi misalnya dokumen dibuat dari Office2007 kemudian dibuka dengan Office2013 hasilnya bisa acak-acakan apalagi dibuka dengan software buatan perusahaan lain.


3.WPS Office
perangkat lunak ini merupakan akronim dari kata Word, Presentation, Spreadsheet yang disingkat menjadi WPS office, jadi sudah pasti bisa ditebak perangkat ini hanya memilki fitur aplikasi yaitu pengganti Ms.Word, Ms.Powerpoint, Ms.Excel mungkin bagi pengguna smartphone sudah tidak asing dengan nama ini karena sudah banyak diinstal di banyak perangkat smartphone di dunia. dari pengalaman pribadi saya tidak merekomendasi software ini karena yang pertama tampilan kurang familiar kemudian yang kedua software ini sangat berat apalagi ketika komputer atau laptop kita terhubung dengan internet, karena ketika kita menginstal ada peraturan yang memungkinkan software ini dipasangi oleh iklan dan juga saya tidak tahu apa saja yang dikerjakan software ini sehingga laptop saya menjadi sangat berat.


dari berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan FreeOffice sebagai perangkat lunak perkantoran hingga saat ini. demikian sedikit review dari saya yang berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan ketiga software tersebut, semoga bermanfaat, tengkyu...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »