Kemenag Lanjutkan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di 2022

S O N I 8:48 AM

Kementerian Agama akan kembali menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia atau AKMI di tahun 2022 ini. Kepastian penyelenggaraan AKMI Tahun 2022 ini sampaikan oleh Sekretaris Ditjen Pendis Kemenag, Rohmat Mulyana di Jakarta, Selasa (19/7/2022).


Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia atau AKMI telah diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2021 silam. Saat itu, AKMI diikuti oleh 50% Madrasah Ibtidaiyah se-Indonesia. Sesuai rencana semula, MI yang belum menyelenggarakan di tahun 2021 silam, ditambah dengan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah bakal menyelenggarakan AKMI di tahun 2022 ini.


Sehingga selain mengikuti Asesmen Nasional 2022, madrasah-madrasah tersebut juga akan menggelar AKMI 2022.

AKMI 2022 Segera Digelar

Dikutip dari Ayo Madrasah, AKMI adalah evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya. AKMI digelar sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah. Karenanya, AKMI menjadi kegiatan penting dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran siswa madrasah.

kutip dari laman kemenag.go.id, rangkaian pelaksanaan AKMI tahun 2022 didahului dengan beberapa kegiatan, salah satunya sosialisasi AKSI/AKMI di tingkat provinsi. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam rentang Juli - Agustus 2022. Materi sosialisasi terkait kebijakan asesmen madrasah, pendataan AKMI, penyiapan sarana pendukung AKMI, dan evaluasi pelaksanaan AKMI.

Masih menurut laman kemenag.go.id, AKMI penting bagi peningkatan mutu pembelajaran siswa madrasah. Dikatakan oleh Sekretaris Ditjen Pendis Rohmat Mulyana, “Kerjasama Kemenag dengan Bank Dunia melalui skema program REP MEQR atau reformasi mutu madrasah selama 2020-2024 ini mesti dijadikan titik pijakan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan madrasah."

Meski sampai artikel ini dimuat, Juknis AKMI Tahun 2022 belum dipublikasikan, namun setiap madrasah bisa mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tahun 2022.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »