Petunjuk Teknis ANBK Tahun 2022

S O N I 9:00 AM

Selain menetapkan POS Asesmen Nasional 2022, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek juga menerbitkan Petunjuk Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022.


Petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan Asesmen Nasional memuat hal-hal yang bersifat teknis pelaksanaan di lapangan. Sehingga isi dari juknis ini akan lebih terperinci, meski tidak semua bagian dari POS Asesmen Nasional 2022 dicantumkan dalam juknis ini. Namun sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari pengantar juknis bahwa, hal-hal teknis yang dianggap penting dan belum tercantum di dalam POS AN yang diperjelas melalui Juknis ANBK 2022 ini.


Juknis ANBK 2022

Dikutip dari Ayo Madrasah, Asesmen Nasional atau biasa disingkat dengan AN, adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.  Evaluasi ini menggunakan tiga instrumen asesmen yang meliputi kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.


Dalam pelaksanaannya AN hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer. Sedangkan moda tes yang dapat dipilih adalah moda tes komputer daring (online) dan semi daring (semi online). 


Dalam juknis ANBK 2022 ini termuat uraian mengenai tugas dan tanggung jawab dari setiap pelaksana Asesmen Nasional di tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga pelaksana di tingkat satuan pendidikan.


Juknis ANBK 2022 juga memuat panduan pelaksanaan ANBK daring (online) dan ANBK semi-daring (semi-online). Mulai dari pra pelaksanaan, saat pelaksanaan, dan paska pelaksanaan ANBK.


Di samping itu, dalam juknis ini juga diuraikan terkait manajemen user laman ANBK dan penanganan masalah seperti kendala teknis, kondisi luar biasa, maupun layanan pengaduan.


File Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional tersedia dalam format PDF setebal 16 halaman dan berukuran 4,4 MB. Sila unduh file tersebut melalui tombol download di bawah ini.

Diharapkan dengan diterbitkannya Juknis Pelaksanaan AN 2022 ini bisa memberikan panduan teknis kepada pelaksana AN di tingkat pusat, daerah, dan satuan pendidikan dalam melaksanakan AN yang sesuai dengan POS AN. Sehingga semua pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan AN dapat melaksanakan AN dengan baik dan menghasilkan informasi asesmen yang bermanfaat bagi perbaikan dan kemajuan proses pembelajaran.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »