Materi dan Kisi-Kisi Soal KSM 2022 Tingkat MTs/SMP

S O N I 7:20 PM

Materi dan kisi-kisi soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 untuk tingkat MTs/SMP. Dari daftar materi KSM ini yang nantinya diuraikan menjadi butir-butir soal dalam pelaksanaan KSM 2022 mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun Nasional.


Sehingga bagi siswa Madrasah Tsanawiyah yang  hendak mengikuti Kompetisi Sains Madrasah di tahun ini, dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari materi sesuai dengan daftar materi yang tertera.


Untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah, KSM 2022 ini kembali akan melombakan tiga bidang. Ketiganya adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.


Materi KSM 2022 MTs

Ayo Madrasah rangkum dari lampiran Juknis KSM 2022, KSM mengangkat konsep terintegrasi karena dilatari terjadinya dikotomi antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Akibatnya, seolah-olah kedua saling terpisahkan dan  berjalan pada wilayahnya masing-masing. Hal ini diperparah juga akibat separasi antara sistem pendidikan Islam dan sistem pendidikan modern yang berdampak laten bagi umat Islam. Padahal, Al-Qur’an dan as-sunnah sesungguhnya tidak membedakan antara ilmu agama Islam dengan ilmu-ilmu umum. Al-Qur’an hanya mengenal ilmu. 


Dikutip dari lampiran Juknis KSM, integrasi keislaman yang ditawarkan dalam penyusunan soal KSM meliputi:

  1. Soal sains yang terintegrasi dengan keislaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan dituangkan dalam soal yang ada dalam Al Qur’an
  2. Soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya yang dihubungkan dengan sains ini dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik
  3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luar sana.
  4. Soal bisa menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab


Daftar Materi dan Kisi-Kisi Soal KSM 2022 Tingkat MTs/SMP

Penggunaan istilah yang lebih tepat dan sebagaimana tertuang dalam Juknis KSM adalah daftar materi, bukan kisi-kisi soal.

Materi tersebut terdiri atas dua bagian yaitu konten (sains) sesuia dengan bidangnya masing-masing yang diintegrasikan dengan materi konteks (agama) yang diambilkan dari unsur Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqh, Akidah Akhlak, dan Quran dan Hadis.

Materi konten untuk KSM bidang Matematika Terintegrasi MTs/SMP, terdiri atas:

  1. Kombinatorika Bilangan: 1) Operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya; 2) Sifat-sifat bilangan berpangkat
  2. Aljabar: himpunan; relasi dan fungsi; perbandingan senilai dan berbalik nilai; operasi aljabar; persamaan dan pertindaksamaan; sistem persamaan linear dua peubah; barisan dan deret.
  3. Geometri: garis dan sudut; bangun datar; teorema Phythagoras; transformasi; bangun ruang
  4. Kombinatorika: statistika; peluang
  5. Kapita selekta (pemecahan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan, aljabar, geometri, kombinatorika 

Materi konten di atas akan diintegrasikan dengan materi konteks sebagaimana daftar materi di bagian bawah artikel.

Atau simak daftar materi sebagaimana gambar berikut.

Materi KSM 2022 MTs Matematika



Materi KSM Tahun 2022 untuk bidang IPA Terpadu tingkat MTs/SMP, meliputi sub-bidang Biologi dan Fisika dengan materi konten sebagai berikut.

Fisika

  1. Pengukuran: besaran pokok dan besaran turunan; satuan pokok dan satuan turunan; sistem satuan; standar satuan; konversi satuan; alat ukur dasar; ketidakpastian hasil pengukuran.
  2. Energi: sumber energi, usaha, energi kinetik, energi potensial, transformasi energi, hubungan usaha dan perubahan energi kinetik; hukum kekekalan energi mekanik; daya, metabolisme (respirasi dan fotosintesis; makanan sebagai sumber energi; pencernaan makanan)
  3. Gerak dan gaya: besaran-besaran gerak; gerak lurus, gerak lingkar; gerak parabolik; hukum-hukum Newton tentang gerak; pesawat sederhana; gerak pada makhluk hidup.
  4. Fluida: fluida statis; fluida dinamis; aliran fluida pada makhluk hidup
  5. Getaran, gelombang dan bunyi: gelombang harmonik sederhana; gelombang mekanik; bunyi; pendengaran; sistem sonar hewan; navigasi pada migrasi hewan
  6. Cahaya dan optika: cahaya; optik geometrik; optik fisik; alat-alat optik; dan mata dan mekanisme kerja mata.
  7. Zat dan kalor: zat dan wujudnya; atom, unsur, molekul dan senyawa; larutan, campuran, asam, basa, dan garam; zat aditif; perubahan fisis (kalor dan perubahan temperature dan perubahan wujud; perubahan kimia; perpindahan kalor)
  8. Kelistrikan dan kemagnetan: Listrik statis; konduktor, isolator, dan semikonduktor; sumber gaya gerak listrik (GGL); arus dan hambatan listrik; rangkaian hambatan; rangkaian arus searah; hukum Kirchhoff; energi dan daya listrik; magnet dan sifat-sifatnya; medan magnet di sekitar penghantar berarus listrik; gaya magnet pada muatan penghantar; GGL induksi; transformator; dan hambatan arus listrik pada sistem saraf.
  9. IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antartika): sistem tata surya; matahari, bumi, dan bulan; struktur bumi; fenomena gempa; gunung api dan Tsunami; dan atmosfer

Biologi

  1. Makhluk Hidup: 1) Asal usul makhluk hidup; 2) Ciri-ciri makhluk hidup
  2. Organisasi Kehidupan (Bagian, bentuk, organel utama dan fungsi sel - jaringan - organ - sistem organ)
  3. Keanekaragaman dan Klasifikasi Makhluk Hidup: 1) Sistem 5 kingdom dunia makhluk hidup; 2) Pentingnya pelestarian dan usaha-usaha pelestarian
  4. Ekologi: 1) Populasi - komunitas - ekosistem; 2) Peran organisme dalam ekosistem; 3) Saling ketergantungan; 4) Pencemaran dan penanggulangannya; 5) Hubungan kepadatan manusia terhadap kebutuhan air bersih, udara bersih, pangan, dan lahan; 6) Pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap kerusakan lingkungan
  5. Struktur dan Fungsi pada Tumbuhan: 1) Struktur dan fungsi organ tumbuhan; 2) Gerak pada tumbuhan; 3) Proses fotosintesis meliputi tempat dan faktor yang mempengaruhi fotosintesis; 4) Proses respirasi dan transpirasi; 5) Reproduksi tumbuhan; 6) Contoh hama dan penyakit tanaman
  6. Pemahaman pada vertebrata (termasuk manusia) dan invertebrata termasuk kelainan penyakit yang terjadi pada: 1) Sistem gerak; 2) Sistem pencernaan; 3) Sistem pernafasan; 4) Sistem transportasi; 5) Sistem ekskresi; 6) Sistem syaraf; 7) Sistem reproduksi
  7. Perkembangan manusia berdasarkan usia (Tahap-tahap perkembangan manusia dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga manula).
  8. Genetika: 1) Gen dan kromosom; 2) Pengertian resesif, dominan, dan intermediet; 3) Persilangan; 4) Hereditas dan kegunaannya
  9. Bioteknologi: 1) Bioteknologi konvensional dan modern; 2) Manfaat dan dampak bioteknologi; 3) GMO

Materi konten IPA Terpadu di atas akan diintegrasikan dengan materi konteks sebagaimana daftar materi di bagian bawah artikel.

Atau simak daftar materi sebagaimana gambar berikut.

Materi KSM 2022 MTs IPA

Materi KSM Tahun 2022 untuk bidang IPS Terpadu tingkat MTs/SMP, dengan materi konten sebagai berikut.

  1. Interaksi antar ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan di wilayah Indonesia
  2. Interaksi sosial dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dalam ekonomi dan budaya serta nilai dan norma yang mendasari pembentukan lembaga sosial
  3. Interaksi antara manusia dan ruang terkait kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran)
  4. Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa pra-aksara, Hindu-Budha dan Islam
  5. Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan di negara Asean
  6. Perubahan dan kesinambungan ruang dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan
  7. Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan negara-negara di benua lainnya serta dampaknya bagi kehidupan manusia
  8. Ketergantungan antar ruang dilihat dari konsep ekonomi dan pengaruhnya terhadap dinamika penduduk
  9. Perubahan dan kesinambungan ruang dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi

Materi konten IPA IPS di atas akan diintegrasikan dengan materi konteks sebagaimana daftar materi di bagian bawah artikel.

Atau simak daftar materi sebagaimana gambar berikut.

Materi KSM 2022 MTs IPS

Materi konteks (agama) KSM 2022 tingkat MTs/SMP.


Materi konten pada bidang Matematika, IPA Terpadu, dan IPS Terpadu sebagaimana daftar diatas akan diintegrasikan dengan materi konteks (agama) dari unsur Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqh, Akidah Akhlak, dan Quran dan Hadis.


Materi konteks agama tersebut selengkapnya adalah sebagaimana daftar berikut.

  1. Sejarah dan Kebudayaan Islam: Kehidupan Nabi Muhammad; Khulafaur Rasyidin; Dinasti Bani Umayyah.
  2. Fiqh: Konsep Bersuci; Shalat termasuk Shalat Berjamaah
  3. Akidah Akhlak: Akidah; Sifat-sifat Allah; Keteladanan Para Nabi; Islam, Iman dan Ihsan; Kisah Orang Sholeh dalam Al-Qur’an.
  4. Qur’an dan Hadits: Qur’an dan Hadits; Iman; Toleransi; Istiqomah dalam Beribadah; Tahsin dan Tajwid


Materi soal KSM 2022 Tingkat MTs/SMP tersebut dapat juga dilihat di Petunjuk Teknis KSM 2022. Sila unduh melalui tombol download di bawah.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »