Juknis KSM Tahun 2022

S O N I 10:35 PM

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 telah dirilis oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Penetapan Juknis KSM ini sekaligus menandai rangkaian penyelenggaraan ajang kompetisi sains antar siswa madrasah ini dimulai.


Adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2742 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022 yang diteken pada 19 Mei kemarin. Regulasi ini menjadi acuan dan pedoman dalam penyelenggaraan KSM mulai dari tingkat satuan pendidikan, KSM tingkat kabupaten/kota, KSM tingkat provinsi, hingga KSM tingkat nasional.


Kompetisi Sains Madrasah atau KSM adalah kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. KSM menjadi agenda rutin Kementerian Agama yang digelar setiap tahun. Mulai penyelenggaraan di tahun 2018, materinya dilakukan elaborasi antara sains dan konteks nilai-nilai Islam.


Juknis KSM Tahun 2022

Baca: Cara Registrasi Akun KSM Kemenag


Yang Sama dan Beda di KSM 2022


Seperti pada penyelenggaraan di tahun sebelumnya, untuk jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. 


Bidang yang dilombakan masih sama. Untuk jenjang MI/SD melombakan dua bidang yaitu Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Untuk jenjang MTs/SMP terdiri atas tiga bidang yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi. Sedang untuk jenjang MA/SMA teridi atas enam bidang yang meliputi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.


Penyelenggaraannya pun masih dilakukan berjenjang  mulai dari KSM tingkat satuan pendidikan, KSM tingkat kabupaten/kota, KSM tingkat provinsi, hingga KSM tingkat nasional.


Masih sama seperti tahun sebelumnya, selain mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam, soal yang disajikan akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.


Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun 2021 silam di mana KSM diselenggarakan secara daring penuh maka pada penyelenggaraan di tahun 2022 ini akan dilaksanakan secara terpusat di lokasi yang ditentukan.


Baca Juga:


Waktu & Tempat Pelaksanaan KSM 2022


Berdasarkan Juknis KSM Tahun 2022, Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022 akan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut.

  • KSM Satuan Pendidikan dilaksanakan pada 11-20 Juli 2022 di madrasah masing-masing
  • Uji coba KSM, 10-11 Agustus 2022, di madrasah masing-masing atau tempat yang ditentukan oleh Komite Kabupaten/Kota
  • KSM Kabupaten/Kota, 13-14 Agustus 2022, di tempat yang ditentukan oleh Komite Kabupaten/Kota
  • KSM Provinsi, 10-11 September 2022, tempat yang ditentukan oleh Komite Provinsi
  • KSM Nasional. 10-14 Oktober 2022, di DKI Jakarta


Download Juknis KSM Tahun 2022


Lebih lanjut dan mendetail terkait dengan penyelenggaraan KSM Tahun 2022 sila baca dan pelajari Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2742 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022.


Juknis KSM Tahun 2022 tersebut dapat diunduh melalui tombol download di bawah.


Mengingat tahapan penyelenggaraan KSM yang sudah kian dekat, perlu kiranya semua pihak terkait menjadikan Juknis KSM Tahun 2022 sebagai acuan dan pedoman dalam menyiapkan penyelenggaraan ajang kompetisi sains tahunan bagi siswa madrasah ini. Tentunya agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »