Logo dan Tema Hari Pendidikan Nasional 2022 (Png, Cdr, Ai)

S O N I 10:21 AM

Logo dan tema peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Penetapan tema dan logo ini tertuang dalam Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 yang dikeluarkan pada tanggal 22 April ini.


Surat bernomor 28254/MPK/TU.02.03/2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 tersebut memuat tentang pedoman penyelenggaraan upacara bendera, logo dan tema peringatan, dan ragam aktivitas atau kegiatan untuk memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2022.

Logo dan Tema Hardiknas 2022

Hari Pendidikan Nasional sendiri diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal ini merujuk pada tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, Bapak Pendidikan Nasional yang dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.


Sedang penetapan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.


1. Tema Hari Pendidikan Nasional 2022


Sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari surat pedoman peringatan Hardiknas, tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”


2. Logo Hari Pendidikan Nasional 2022


Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 berbentuk gambar bintang pendidikan. Di dalamnya terdapat tiga elemen yaitu bintang, keceriaan, dan pena.


Logo Hardiknas 2022 ini sejatinya merupakan yang sama dengan logo peringatan di dua tahun yang silam, yaitu tahun 2020 dan 2021. Dimana logo 'Bintang Pendidikan' ini dipergunakan sebagai logo peringatan Hardiknas Tahun 2020. Logo yang sama kemudian dipakai kembali untuk peringatan di tahun 2021 dan 2022 ini. 


Unduh Logo Hari Pendidikan Nasional 2022 dalam berbagai format (PNG, CDR, dan AI) melalui tombol download berikut ini.


3. Makna Logo Hardiknas 2022


Dalam pedoman peringatan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud-ristek tidak memuat terkait penjelasan makna yang terkandung dalam logo peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022. Namun mengingatkan logo ini merupakan logo yang sama dengan peringatan di dua tahun sebelumnya, Ayo Madrasah mencoba untuk menelusurinya di tahun-tahun sebelumnya.


Hasil penelusuran tersebut mendapati bahwa logo Hardiknas ini terbentuk dari tiga komponen utama yaitu bintang, keceriaan, dan pena. 


Dilansir dari artikel Logo dan Tema Hari Pendidikan Nasional 2021, masing-masing komponen tersebut memiliki makna tersendiri.


Bintang, menggambarkan semangat peringatan Hardiknas guna melahirkan generasi Indonesia yang unggul, cerdas, dan berkarakter.


Garis luwes yang membentuk gambar logo menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis.


Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, gotong royong, serta partisipasi publik.


Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai proses penciptaan karya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.


Dengan tersedianya logo dan tema Hari Pendidikan Nasional 2022 ini bisa menjadi bahan bagi instansi, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya untuk membuat media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial guna turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »