Catat, Tanggal Pengumuman Kelulusan Siswa Madrasah (MI, MTs, MA, dan MAK)

S O N I 8:41 PM

Tanggal pengumuman kelulusan siswa madrasah untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan MAK. Kapan pengumuman kelulusan tersebut dilakukan? Mungkin banyak siswa kelas akhir madrasah, selepas menyelesaikan Ujian Madrasah menjadi bertanya-tanya kapan kelulusannya akan diumumkan.


Kelulusan peserta didik memang menjadi kewenangan madrasah namun untuk mengumumkan kelulusan tersebut ditetapkan tanggal yang sama untuk setiap jenjangnya. Sehingga tanggal pelaksanaan pengumumannya akan serentak se-Indonesia.

Tanggal Pengumuman Kelulusan


Dalam POS Ujian Madrasah 2022, sebagaimana Ayo Madrasah kutip, pada Bab VII Poin C disebutkan bahwa, Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan. Pada bagian itu dicantumkan juga 'perkiraan' tanggal pengumuman kelulusan untuk jenjang MA, MTs, dan MI yang tertulis secara berurutan tanggal 28 Mei, 4, dan 11 Juni 2022. Sayangnya, tanggal tersebut hanya merupakan tanggal perkiraan.


Hal itu dipertegas kembali dengan pernyataan bahwa pengumuman kelulusan menyesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah.

Perkiraan Tanggal Pengumuman Kelulusan

Terbaru, Ayo Madrasah mendapati dari materi sosialisasi Juknis Penulisan Blangko Ijazah Tahun 2022. Dalam materi sosialisasi yang diterbitkan oleh Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag itu salah satu halamannya memuat tentang tanggal pengumuman kelulusan pada madrasah. Baik tanggal pengumuman untuk jenjang Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun Madrasah Ibtidaiyah.


Berdasarkan materi sosialisasi tersebut disebutkan bahwa pengumuman kelulusan madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 ditetapkan sebagai berikut:

  • Pengumuman kelulusan jenjang MA/MAK: Kamis, 5 Mei 2022
  • Pengumuman kelulusan jenjang MTs: Rabu, 15 Juni 2022
  • Pengumuman kelulusan jenjang MI: Rabu, 15 Juni 2022


Tanggal pengumuman kelulusan tersebut juga sebagai titimangsa (tanggal dikeluarkannya) ijazah. Dengan penambahan khusus untuk tanggal penulisan Ijazah jenjang Raudlatul Athfal (RA) adalah 15 Juni 2022.

Tanggal Pengumuman Kelulusan

Namun perlu diingat, bahwa tanggal pengumuman kelulusan tersebut Ayo Madrasah dasarkan pada materi sosialisasi. Bukan dari dokumen resmi semisal SK Dirjen Pendis. Ini mengingat SK Dirjen Pendis Kemenag tentang Juknis Penulisan Ijazah juga belum dipublikasikan oleh Kemenag.


Namun dari tanggal tersebut kita bisa membuat ancang-ancang dan perkiraan tentang kapan pastinya tanggal pengumuman kelulusan siswa madrasah di setiap jenjangnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »