Cara Upload Nilai Ujian Madrasah di PDUM

S O N I 10:16 PM

Pengisian data melalui laman Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) belum berakhir. Setelah usai penyelenggaraan Ujian Madrasah, madrasah harus melakukan entri dan upload nilai Ujian Madrasah dan data kelulusan lainnya. Bagaimana cara melakukan entri dan unggah nilai UM?


Pengisian nilai Ujian Madrasah melalui laman PDUM nantinya akan menjadi dasar dalam penerbitan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang juga akan dapat dicetak melalui laman ini. Karena itu, pengisian nilai ini menjadi sangat penting dilakukan.


Berdasar pengatamatan Ayo Madrasah langsung dari laman PDUM Kemenag, terdapat tiga hal yang harus dilakukan. 

Isi Nilai Ijazah di PDUM

Pertama adalah melakukan pengaturan mata pelajaran yang diujikan. Untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah (jurusan Umum) cukup dengan menambahkan nama mata pelajaran Muatan Lokal yang diujikan. Sedang bagi jenjang Madrasah Aliyah dan MAK selain mulok perlu menambahkan mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan yang dipilih oleh masing-masing siswa peserta ujian. Hal ini bisa dilakukan melalui menu "Cetak SKL" >> tombol "Atur Mapel" atau secara manual, satu persatu menggunakan tombol "Mapel" di tiap ujung kanan nama siswa.


Kedua adalah upload nilai UM. Entri nilai ini bisa dilakukan secara manual persiswa dengan menggunakan tombol "Nilai Ijazah" yang ada di tiap ujung kanan tiap nama siswa. Bisa juga dengan menggunakan template excel. Baik unduh template maupun pengunggahan dapat dilakukan melalui menu "Cetak SKL" >> tombol "Upload Nilai".


Ketiga adalah Upload Data. Karena menu ketiga ini mengisikan Nomor SKL dan Nomor Kode Ijazah, maka pengisiannya dapat dilakukan setelah SKL dan Ijazah diterbitkan.


Sebagaimana Ayo Madrasah simak dalam keterangan di laman PDUM, Tombol cetak SKL akan dibuka mulai tanggal 5 Mei 2022 jika nilai siswa sudah diinput di PDUM.


Baca Juga: 6 Langkah Pengisian PDUM Kemenag 2022


Cara Entri Nilai Ujian Madrasah di PDUM


Sebagaimana telah disampaikan di awal, pengisian nilai Ujian Madrasah pada laman PDUM bisa dilakukan secara manual satu persatu siswa maupun secara keseluruhan dengan menggunakan template yang tersedia.


Sebelumnya, pastikan telah melakukan entri Mapel terlebih dahulu.


Secara manual, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengisi nilai Ujian Madrasah melalui laman PDUM Kemenag adalah sebagai berikut:

  1. Login ke laman PDUM Kemenag yang beralamat di https://pdum.kemenag.go.id/
  2. Klik menu "Cetak SKL"
  3. Di bagian kanan akan ditampilkan daftar nama siswa peserta Ujian Madrasah dengan tiga tombol aksi yaitu Edit Data, Nilai Ijazah, dan Mapel di setiap baris nama siswa.
  4. Klik tombol "Nilai Ijazah"

    Isi Nilai Ijazah di PDUM 01

  5. Muncul jendela Input Nilai Ijazah
  6. Isikan nilai yang diperoleh siswa untuk setiap mapelnya
  7. Setelah terisi semua, klik tombol "Save Changes"

    Isi Nilai Ijazah di PDUM 02

  8. Jika pengisian berhasil maka pada kolom Status Nilai di Daftar Siswa akan muncul centang hijau
  9. Ulangi hingga semua siswa dientri nilainya.


Jika menggunakan template, langkah-langkah pengisian nilai UM adalah sebagai berikut:

  1. Login ke laman PDUM Kemenag yang beralamat di https://pdum.kemenag.go.id/
  2. Klik menu "Cetak SKL"
  3. Di bagian kanan akan ditampilkan daftar nama siswa peserta Ujian Madrasah dengan empat tombol di pojok kanan atas yaitu Panduan, Atur Mapel, Upload Nilai, dan Upload Data.
  4. Klik tombol Upload Nilai

    Isi Nilai Ijazah di PDUM 03

  5. Terbuka jendela Upload Nilai Ijazah
  6. Pilih Jurusan
  7. Klik tombol "Template Nilai" untuk mngunduh template berformat excel
  8. Setelah template terunduh, isi template tersebut. Catatan untuk mata pelajaran Mulok, Mulok pertama diisi pada kolom MKL1 dan seterusnya Mulok kedua disikan pada kolom MLK2
  9. Setelah template terisi, simpan, dan siap untuk diunggah
  10. Pengunggahan pun dilakukan melalui menu yang sama yaitu "Cetak SKL" >> tombol "Upload Nilai"
  11. Seret dan taruh file template yang telah terisi tadi ke dalam kotak "Drop files here or click to choose" pada jendela Upload Nilai Ijazah yang muncul. Bisa juga mengklik kotak tersebut kemudian mencari di mana template nilai yang dibuat tadi disimpan.
  12. Di bagian bawah kotak akan muncul indikator berupa nama file, size, dan progress pengunggahan.
  13. Jika sudah klik tombol "Close"

    Isi Nilai Ijazah di PDUM 04

  14. Jika pengisian berhasil maka pada kolom Status Nilai di Daftar Siswa akan muncul centang hijau


Perhitungan Nilai Ijazah


Nilai Ijazah yang dientri dalam laman PDUM ini merupakan nilai hasil pengolahan dari rata-rata nilai rapor dan nilai UM. Pembototannya adalah 60% nilai rapor dan 40% nilai Ujian Madrasah.


Nilai rapor yang digunakan adalah rata-rata nilai 5 semester. Untuk Madrasah Ibtidaiyah berarti nilai rapor kelas 4 Semester 1 hingga kelas 6 semester 1. Sedangkan untuk Madrasah Tsanawiyah adalah nilai rapor kelas 7 semester 1 hingga kelas 9 semester 1. Dan untuk MA/MAK tentunya adalah nilai rapor kelas 10 semester 1 hingga kelas 12 semester 1.


Sehingga sebelum melakukan entri nilai ke laman PDUM, sebelumnya harus sudah diolah dulu nilai rata-rata rapor dan nilai UM dari masing-masing siswa. sehingga yang dientri dalam laman PDUM sudah merupakan nilai jadi.


Meski waktu pengentrian nilai Ujian Madrasah ini masih lumayan lama, hingga 5 Mei, namun tidak ada salahnya bagi tiap madrasah untuk sesegera mungkin melakukan entri dan upload nilai Ujian Madrasah di laman PDUM ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »