Mekanisme Pengeluaran Data Siswa Ganda di Verval PD

S O N I 7:34 PM

Hasil verifikasi dan validasi data peserta didik pada laman Verval PD menunjukkan masih terdapatnya siswa ganda. Yaitu siswa yang terdata aktif di lebih dari satu satuan pendidikan. Terkait dengan hal tersebut, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) telah mengaktifkan fitur baru di laman Verval PD yaitu Pengeluaran Siswa (Tercatat Ganda).


Terkait dengan mekanisme pengeluaran data siswa ganda di Verval PD ini Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbud Ristek selaku pengelola Data Induk Pendidikan, telah mengeluarkan surat edaran tertanggal 1 Maret 2022.


Surat dengan nomor 0914/J1/DS.00.01/2022 ini memiliki pokok surat Mekanisme Pengeluaran Data Siswa Terdata Ganda.

Siswa Ganda Verval PD


Baca: Alamat Web VervaPD Kemenag Terbaru dan Alternatif Link


Meski surat tidak secara spesifik ditujukan kepada Kemenag, namun mengingat madrasah di lingkungan Kementerian Agama pun ikut menggunakan aplikasi Verval PD, sehingga mekanisme ini pun dapat digunakan untuk mengatasi siswa-siswa ganda yang terdapat di madrasah.


Menurut isi surat tersebut, berdasar hasil Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik yang menunjukkan adanya data siswa terdata aktif pada lebih dari 1 (satu) satuan pendidikan (ganda). Sehingga Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) selaku pengelola Data Induk Pendidikan menyiapkan mekanisme pengeluaran data siswa terdata aktif pada lebih dari 1 (satu)satuan pendidikan (ganda) untuk menghasilkan data peserta didik yang valid.


Adapun mekanisme pengeluaran siswa ganda tersebut dilakukan melalui aplikasi Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik (Verval PD) dilaman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id menggunakan menu Pengeluaran Siswa (Tercatat Ganda).


Siswa ganda pada laman Verval PD dapat dilihat dan dipantau melalui menu Quality Control data siswa yang bersangkutan. Pada kolom keterangan di Quality Control akan disebutkan di sekolah dan madrasah mana saja seorang siswa masih terdata sebagai siswa aktif.


Baca: Cara Lihat, Cek, dan Edit NISN | Terbaru


Untuk mengatasi siswa data ganda tersebut, Verval PD telah menambahkan menu "Pengeluaran Siswa (Tercatat Ganda)". Admin sekolah dan madrasah bisa melakukan Ajuan Pengeluaran Siswa dengan mengisi form yang tersedia di menu tersebut. 


Pun bisa dipantau status dari ajuan pengeluaran siswa ganda tersebut secara realtime.


Untuk membaca surat edaran terkait mekanisme pengeluaran siswa ganda di Verval PD, sila baca dan unduh suratnya melalui tombol download di bawah ini.


Baca: Menangani Residu Siswa di Verval PD


Mekanisme pengeluaran siswa ganda di Verval PD dengan ditambahkannya menu engeluaran Siswa (Tercatat Ganda) diharapkan dapat dimanfaatkan oleh sekolah dan madrasah dalam rangka menghasilkan data peserta didik yang valid.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »