Cara Cetak dan Unduh Kartu PIP (KIP) Digital Siswa Madrasah

S O N I 10:02 PM

Siswa madrasah kini bisa mencetak dan mengunduh ulang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Digital. Tentu, untuk mencetak Kartu KIP ini harus melalui madrasah bersangkutan. Admin PIP Madrasah bisa mengunduh dan mencetaknya melalui portal SIPMA (Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah).


Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Ayo Madrasah, fitur untuk cetak dan unduh Kartu KIP Digital ini sudah bisa digunakan. Saat ini yang tersedia untuk dicetak ulang adalah kartu-kartu untuk penerima PIP Tahun 2021. Sedangkan untuk data tahun sebelumnya tidak tersedia. Pun untuk data penerima tahun 2022 juga belum muncul.

Cetak KIP Digital

Baca: Link Verval PIP Kemenag (SIPMA) 2022


Kartu PIP (KIP) biasanya dibagikan dalam bentuk jadi. Namun tidak menutup kemungkinan terdapat siswa penerima PIP yang kehilangan kartunya. Atau bagi siswa penerima PIP yang diajukan melalui jalur Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan belum mendapatkan kartu PIP secara fisik.


Selain itu, sering kali madrasah juga membutuhkan file Kartu Indonesia Pintar ini untuk berbagai keperluan yang terkait dengan pengelolaan dan pelaporan PIP.


Sehingga dengan tersedianya fitur cetak dan unduh Kartu PIP (KIP) Digital ini tentu akan sangat membantu dan memudahkan bagi siswa madrasah penerima PIP maupun bagi madrasah sendiri.


Apalagi KIP Digital ini telah dilengkapi juga dengan barcode yang jika di-scan akan menampilkan data hasil verifikasi terhadap KIP pemegang kartu.


Baca: Cara Verval PIP Madrasah 2022


Cara Cetak KIP Digital


Untuk melakukan pengunduhan dan pencetakan Kartu KIP cukup mudah.


Langkah-langkah untuk mengunduh dan mencetak Kartu KIP Digital adalah sebagai berikut.

  1. Buka Portal SIPMA yang beralamat di https://pipmadrasah.kemenag.go.id/
  2. Jika belum login klik tombol login di pojok kanan atas untuk masuk ke dashboar SIPMA, sedang jika sebelumnya sudah login tombol ini akan berubah menjadi "Dashboard"
  3. Untuk login masukkan username NSM dengan password default NSM (password nantinya bisa dirubah)

    Cara Cetak KIP Digital 01

  4. Terbuka lah dashboard SIPMA
  5. Klik menu KIP Digital
  6. Terbuka daftar penerima PIP di madrasah yang bersangkutan. Klik tombol tahun untuk mencari penerima di tahun anggaran lainnya (saat percobaan data yang ditampilkan baru data penerima tahun 2021)
  7. Cari nama siswa penerima PIP yang ingin diunduh Kartu KIP Digitalnya
  8. Klik tombol Download yang ada di ujung kanan nama penerima PIP

    Cara Cetak KIP Digital 02

  9. Muncul jendela yang menampilkan Kartu KIP Digital. 
  10. Klik tombol Download dipojok jendela tersebut untuk mengunduh file KIP dalam format PNG

    Cara Cetak KIP Digital 03

  11. Setelah terunduh file KIP dapat dicetak seperti biasa


Bagi siswa penerima PIP maupun madrasah tidak ada salahnya untuk mengunduh dan menyimpan KIP Digital yang telah disediakan oleh Portal SIPMA ini. Tentunya dengan tersedianya fitur Cetak dan Unduh KIP Digital akan lebih memperlancar pengelolaan PIP di madrasah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »