Siswa Madrasah Kini Bisa Lihat Rapor Secara Online

S O N I 8:09 PM

Siswa madrasah, dan orang tua, kini bisa melihat rapor miliknya secara online hanya dengan menggunakan HP. Ini setelah pada akhir Januari silam, Rapor Digital Madrasah (RDM) merilis fitur Mobile RDM yang bisa dibuka lewat perangkat android maupun iOS.


Saat ini memang baru nilai rapor pada semester sebelumnya yang bisa dibuka secara online oleh siswa atau orang tua siswa. Namun ke depannya, pengembang RDM menyatakan akan meningkatkan kemampuan aplikasi ini sehingga siswa akan bisa melihat hasil Penilaian Harian (nilai PH) yang dicapainya pada semester berjalan.


Dengan fitur ini tentunya siswa maupun orang tua siswa dapat memonitor dan memantau prestasi akademik yang diraihnya untuk setiap KD dan mata pelajaran secara real time.

Aplikasi Mobile RDM


Syarat Agar RDM Bisa Diakses Siswa


Namun untuk dapat melihat nilai rapor secara online ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh madrasah tempat siswa tersebut.


Syarat pertama, madrasah harus sudah menggunakan aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM). Kedua, RDM yang digunakan merupakan versi online dengan menggunakan IP Publik semisal menggunakan hosting.


Sebagaimana diulas Ayo Madrasah dalam artikel sebelumnya, Ditjen Pendis Kemenag telah mengembangkan aplikasi Rapor Digital Madrasah yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh madrasah se-Indonesia. Aplikasi rapor digital ini tersedia dalam tiga versi yakni hosting, VDI, dan XAMPP. 


Versi hosting inilah yang kemudian bisa diakses oleh siswa dan orang tua siswa. Dua versi lainnya, yakni XAMPP dan VDI pun bisa diakses dengan syarat rapor tersebut dihubungkan dengan jaringan internet dengan IP Publik, bukan sekedar menggunakan jaringan lokal.


Syarat ketiga, madrasah membuka akses bagi siswa untuk dapat membuka rapornya masing-masing. Istilahnya dengan melakukan aktivasi versi Mobile RDM. Syarat terakhir ini cukup mudah dilakukan karena hanya memerlukan beberapa klik saja, oleh Admin RDM Madrasah, langsung di aplikasi RDM.


Cara Siswa Mengakses Nilai Rapor di RDM


Setelah madrasah memenuhi ketiga syarat tersebut di atas, siswa maupun orang tua siswa akan bisa membuka dan mengakses rapor dimanapun dan kapanpun juga.


Cara untuk mengaksesnya sangat mudah. 


Sebelumnya siswa menanyakan ke madrasah tiga hal yakni NSM, NISN (jika belum mengetahui) dan password untuk login ke RDM Mobile. NSM adalah Nomor Statistik Madrasah (satu madrasah sama) sedang NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional (per siswa berbeda). NISN dan password ini nantinya digunakan sebagai akses login.


Baca: Cara Lihat, Cek, dan Edit NISN Terbaru


Untuk menginstal aplikasi RDM Mobile adalah sebagai berikut:

  1. Siswa menginstal aplikasi "RDM - Rapor Digital Madrasah" langsung dari Play Store (bagi pengguna android) atau App Store (bagi pengguna iOS)
  2. Untuk menginstal bisa juga dengan menggunakan tautan berikut; https://play.google.com/store/apps/details?id=id.hdmadrasah.rdm (android) dan https://apps.apple.com/us/app/rdm-rapor-digital-madrasah/id1604487156 (iOS)
  3. Lakukan proses instalasi hingga selesai.
  4. Jika sudah terinstal, buka aplikasi rapor Digital Madrasah.
  5. Saat pertama dibuka, aplikasi meminta untuk memasukkan NSM. Masukkan NSM dan klik tombol "Chek Server RDM"
  6. Jika di bagian bawah muncul peringatan "Maaf, madrasah Anda belum mengaktifkan akses mobile" berarti fitur Mobile RDM belum diaktifkan atau madrasah tidak memenuhi syarat di atas. Sebaliknya jika terbuka laman login berarti aplikasi siap digunakan.
  7. Masukkan NISM pada kolom username dan password sebagaimana yang didapat dari madrasah.
  8. Jika login berhasil aplikasi akan menampilkan halaman Dashboard RDM Mobile dengan nama madrasah, nama siswa, dan NISN. Juga terdapat informasi terkait rekap rincian kelas dan rekap nilai.


Di bagian bawah terdapat empat tombol menu yang meliputi Dashboard, Nilai, Data Siswa, dan Logout.


Menu nilai akan menampilkan daftar nilai per semester dari siswa yang bersangkutan. Nilai semester dengan warna dasar hijau merupakan nilai yang sudah bisa diakses siswa, sedangkan semester dengan warna kuning adalah semester dengan nilai yang belum dapat diakses.


Untuk saat ini nilai yang ditampilkan baru sebatas nilai akhir atau nilai rapor di tiap semester. Sehingga siswa hanya bisa melihat nilai-nilai pada semester sebelumnya saja. 


Ke depannya aplikasi akan dikembangkan sehingga bisa untuk mengakses rincian nilai, baik nilai PH Pengetahuan dan Keterampilan maupun Nilai PAS/PAT yang didapatkan. Sehingga, semisal setelah selesai mengikuti Penilaian Harian, siswa akan bisa langsung mengecek nilai yang diperolehnya.


Pada menu Data Siswa, siswa dapat melihat data pribadi siswa mulai dari nama, NISN, tempat tanggal lahir, alamat, hingga data orang tua dan wali murid.


Menu terakhir adalah logout untuk keluar dari aplikasi atau berpindah dari satu akun siswa ke siswa lainnya.


Dengan menggunakan aplikasi Mobile RDM ini siswa madrasah bisa langsung melihat nilainya secara online. Hal ini selain akan memudahkan bagi siswa maupun orang tua dalam mengecek prestasi akademiknya selama di madrasah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »