RDM Versi Mobile (Android dan iOS)

S O N I 12:46 PM

Rapor Digital Madrasah atau RDM semakin berbenah. Selain versi web, aplikasi rapor online untuk madrasah ini, kini tersedia dalam versi mobile baik untuk sistem operasi android maupun iOS. Bahkan pada versi mobile ini, selain dapat diakses oleh operator dan guru juga bisa diakses oleh siswa dan wali murid untuk melihat nilai dan rapornya masing-masing.


Sehingga melalui aplikasi Rapor Digital Madrasah versi android ini siswa dan orang tua siswa memiliki akses untuk melihat nilai mereka melalui aplikasi RDM.


Sebelumnya, RDM memang sudah bisa dibuka secara seluler dengan menggunakan android. Namun masih berbasis web mobile atau browser versi mobile. Dan akses masih terbatas pada proktor atau admin dan guru saja.

RDM Mobile Android

Namun kini, selain dengan browser mobile (browser di HP), aplikasi RDM dapat di-install langsung dari Google Play Store dan dibuka layaknya aplikasi android lainnya. Sehingga tampilan dan menu-menu yang tersedia lebih pas dengan layar android. Selain itu, siswa dan orang tua pun bisa ikut mengakses untuk melihat nilai masing-masing.


Baca: Cara Install RDM Versi VDI


Syarat untuk Mengaktifkan RDM Mobile


Tidak semua RDM langsung aktif versi mobile-nya dan bisa dibuka dengan aplikasi android. Setidaknya ada dua syarat yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan fitur RDM Mobile bagi android dan iOS ini.


Syarat pertama, RDM yang digunakan madrasah yang bersangkutan adalah versi online yang menggunakan hosting, atau istilahnya online dengan IP Publik. Jadi untuk yang menggunakan versi VDI atau XAMPP secara offline atau online tetapi dengan jaringan lokal, tidak bisa diakses dengan aplikasi Mobile RDM ini.


Syarat kedua, melakukan aktivasi versi Mobile RDM. Cara melakukan aktivasi cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Proktor atau admin login ke aplikasi RDM
  2. Klik menu Lembaga
  3. Klik submenu Pengaturan
  4. Di bagian kanan, terdapat "Fitur Mobile (Android dan IOS)", beri contreng pada kotak di belakang "Aktifkan"
  5. Klik Simpan di pojok kanan bawah

Selesai. Kini fitur RDM Mobile (Android dan iOS) sudah aktif dan dapat diakses oleh admin, guru, siswa, maupun orang tua siswa.


Baca: Update RDM 24 Desember 2021


Cara Install Aplikasi RDM Mobile di Android dan iOS


Setelah fitur Mobile RDM diaktifkan oleh admin atau proktor madrasah, guru, siswa, dan orang tua dapat mengakses aplikasi rapor online madrasah ini melalui aplikasi Mobile RDM di android dan iOS masing-masing.


Untuk menggunakannya, terlebih dahulu tentu dibutuhkan install aplikasi Mobile RDM. Bagi pengguna android bisa mengunduh dan menginstall-nya dari Google Play Store sedangkan bagi pengguna iOS melalui App Store (Apple).


Langkah-langkah menggunakan aplikasi Mobile RDM adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Play Store (bagi pengguna android) atau App Store (iOS), cari aplikasi "RDM - Rapor Digital Madrasah"
  2. Atau bisa dengan menggunakan tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=id.hdmadrasah.rdm (android) dan https://apps.apple.com/us/app/rdm-rapor-digital-madrasah/id1604487156 (iOS)
  3. Bisa juga menggunakan tombol download di bagian bawah bagian artikel ini
  4. Lakukan install seperti biasa
  5. Jika sudah terinstal, buka aplikasi tampilan pertama kali adalah sebagai berikut

    RDM Mobile

  6. Untuk akses pertama kali, aplikasi akan meminta kode NSM. Ketikkan kode NSM madrasah yang dituju, lalu klik Chek Server RDM
  7. Jika di bagian bawah muncul peringatan "Maaf, madrasah Anda belum mengaktifkan akses mobile" berarti fitur Mobile RDM belum diaktifkan. Sebaliknya jika fitur Mobile RDM sudah maka akan tampil laman login
  8. Isikan Username dan Password lalu klik Login

    RDM Mobile Login

  9. Username dan password bagi proktor, admin, dan guru adalah sebagaimana biasa. Sedangkan username untuk siswa dan orang tua adalah NISN dan password sebagaimana yang dibuat oleh proktor di laman Data Siswa RDM.
  10. Jika login berhasil, akan tampil laman dashboard Mobile RDM yang mana dashboard ini tentunya akan berbeda antara tampilan bagi siswa dan guru.


Untuk mengunduh aplikasi Mobile RDM di Play Store atau App Store, bisa menggunakan tombol berikut ini.



Tampilan dan Fitur Mobile RDM untuk Siswa


Tampilan dashboard RDM Mobile untuk siswa adalah sebagai berikut

RDM Mobile Dashboard Siswa

Di bagian bawah terdapat empat tombol menu yang meliputi Dashboard, Nilai, Data Siswa, dan Logout.


Pada menu dashboard ditampilkan data-data yang meliputi nama madrasah, nama dan NISN siswa,  rekap data kelas, mapel, dan guru, dan rekap nilai. Sedang pada menu nilai dapat dilihat detail rapor dan nilai siswa yang sudah final dan dikirim ke server pusat.


Pada menu data siswa memuat data pribadi siswa. Dan terakhir menu logout untuk keluar dari aplikasi.


Untuk saat ini nilai yang ditampilkan baru terbatas pada nilai rapor yang statusnya sudah finish dan sudah dikirim oleh madrasah ke server pusat RDM. Berarti sebatas nilai untuk semester sebelumnya. 


Ke depan akan ditingkatkan hingga ke nilai PH, baik pengetahuan dan keterampilan yang sudah di-input oleh guru masing-masing pada semester yang berjalan. Tentunya madrasah akan tetap memiliki kontrol apakah nilai pada semester yang berjalan tersebut bisa diakses siswa atau tidak.


Menyimak fungsi dan kelebihan Mobile RDM sebagai aplikasi rapor online untuk madrasah tersebut, maka tidak ada ruginya, bagi madrasah untuk mengaktifkan fitur RDM Mobile sehingga guru dan siswa dapat mengakses rapor masing-masing melalui aplikasi RDM versi mobile langsung di android dan iOS masing-masing.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »