Kisi-Kisi UM 2022 Mapel PAI & B. Arab untuk MI, MTs, MA

S O N I 6:08 PM

Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akhirnya mem-publish Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK.


Sebagaimana dikutip Ayo Madrasah dari POS UM Tahun 2022, pada penyelenggaraan Ujian Madrasah tahun pelajaran 2021/2022 ini kisi-kisi UM khusus untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama berdasarkan KMA 183 Tahun 2019. Sedan untuk mata pelajaran lainnya, penyusunan kisi-kisi soal dibuat oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara UM dalam bentuk SK Kepala Madrasah.


Berdasarkan kisi-kisi Ujian Madrasah yang disusun oleh Kemenag tersebut, guru mapel PAI dan Bahasa menyusun naskah soal UM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab, baik pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK.

Kisi-kisi UM 2022


Disebutkan dalam surat Ditjen Pendis Kemenag Nomor: B-350/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2022 tertanggal 14 Februari 2022, pada poin kedua surat berbunyi:

Kisi-kisi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dijadikan pedoman Guru dalam menyusun naskah soal UM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK.


Di samping itu dalam penyusunan soal Ujian Madrasah, wajib memperhatikan prinsip utama pembelajaran pada Masa Pandemi, yaitu keselamatan dan keamanan seluruh warga madrasah dari ancaman penyebaran COVID-19. Dengan demikian soal UM agar disajikan secara proporsional dan mampu memancing munculnya kompetensi yang akan diukur, namun tidak sampai menimbulkan tersitanya banyak waktu dan kelelahan siswa yang berlebihan. Kesempatan siswa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan wajib menjadi perhatian semua pihak.


Sedang terkait dengan jumlah butir soal, ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa.


Baca Juga: Waktu dan Jadwal Pelaksanaan UM MI, MTs, MA Tahun 2022


Unduh Kisi-Kisi UM 2022 Mapel PAI & B. Arab untuk MI, MTs, MA


Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) terdiri atas lima mata pelajaran yaitu:

  1. Quran Hadis
  2. Akidah Akhlak
  3. Fikih
  4. Sejarah Kebudayaan Islam
  5. Bahasa Arab


Masing-masing terbagi dalam kisi-kisi untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan.


Sedang untuk jenjang MAK kisi-kisi UM Tahun Pelajaran 2021/2022 meliputi mata pelajaran:

  1. Quran Hadis (Tafsir)
  2. Ilmu Tafsir
  3. Quran Hadis (Hadis)
  4. Ilmu Hadis
  5. Ilmu Kalam
  6. Akhlak Tashawuf
  7. Fikih
  8. Usul Fikih
  9. Sejarah Kebudayaan Islam
  10. Bahasa Arab Wajib
  11. Nahwu Shorof Balaghah


Masing-masing terbagi dalam kisi-kisi untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan.


Untuk mengunduh kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa untuk MI, MTs, MA/MAK, sila gunakan tombol download di bawah.


Bagi guru PAI dan Bahasa Arab di MI, MTs, dan MA/MAK, sila gunakan kisi-kisi UM Tahun 2022 mapel PAI dan Bahasa Arab ini untuk menyusun soal Ujian Madrasah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »