Fitur Keaktifan Diri & Cetak Kartu Simpatika Semester 2, Dibuka

S O N I 8:41 AM

Meski surat resmi terkait pendataan Simpatika Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 belum dirilis, namun fitur-fitur Simpatika untuk semester genap ini sudah mulai dibuka secara bertahap. Salah satunya adalah fitur untuk melakukan Pengaktifan Diri dan Cetak Kartu Simpatika bagi PTK.


Berdasar pengamatan Ayo Madrasah, Kamis (3/2/2022) pagi, fitur untuk melakukan pengaktifan diri di akun masing-masing PTK ini sudah dapat diakses. Setiap PTK madrasah dapat melakukan pengaktifan diri untuk periode semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022.


Sebagaimana ditulis Ayo Madrasah sebelumnya, Keaktifan dan Cetak Kartu Simpatika merupakan salah satu tahapan awal yang harus dilakukan oleh masing-masing PTK di setiap semesternya di layanan Simpatika. Baca : 11 Hal di Simpatika yang Harus Dikerjakan PTK

Fitur Keaktifan Simpatika

Pencetakan kartu ini menjadi penanda seorang PTK aktif di semester yang tengah berjalan. Sehingga bagi PTK yang tidak melaksanakan tahapan ini, akan dicatat tidak aktif oleh sistem. Pun akan mengganggu tahapan-tahapan lainnya, bagi PTK lain di lembaga yang sama.


Baca Juga: 25 Hal yang Harus Dikerjakan di Simpatika Semester Genap


Cara Melakukan Keaktifan Diri dan Cetak Kartu Simpatika


Setiap PTK wajib melakukan Keaktifan Diri dan Cetak Kartu PTK di setiap awal semester. Termasuk di semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ini.


Untuk melakukannya cukup mudah dan cepat.


Pertama-tama, PTK membuka laman Simpatika di alamat simpatika.kemenag.go.id. Lalu login lah dengan cara klik ikon "Login" dan memilih "Login PTK".


Baca: 2 Cara Reset Password Simpatika yang Lupa


Setelah memasukkan username dan password, PTK akan diarahkan langsung ke menu "Keaktifan" di laman Simpatika. Jika tidak, pilih dan klik saja menu "Keaktifan" yang terdapat di deretan menu sebelah kiri.


Pada laman Keaktifan ini PTK cukup klik tombol "Aktifkan". Tak lama, laman akan menampilkan tombol "Cetak Kartu". Sampai di sini proses Keaktifan Diri sudah berhasil.


Untuk mencetak Kartu Simpatika, caranya cukup dengan mengeklik tombol "Cetak Kartu". PTK akan diarahkan untuk mencetak atau mengunduh Kartu Simpatika dalam format PDF.


Baca Juga: Cara Menambah Admin atau Operator Madrasah di Simpatika


Mudah dan simpel, bukan? Ayo segera melakukan keaktifan diri dan cetak Kartu Simpatika semester genap ini secara mandiri. Tidak perlu menunggu operator yang melakukannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »