Cara Verifikasi Data Keikutsertaan ANBK

S O N I 11:18 PM

Salah satu tugas madrasah dan sekolah setelah pelaksanaan ANBK adalah verifikasi data keikutsertaan Asesmen Nasional. Hal ini didasarkan pada edaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud Ristek Nomor 0047/H4/PG.00.02/2022. Surat tertanggal 8 Januari 2022 ini perihal Verifikasi Data ANBK 2021.


Sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari edaran tersebut, Satuan Pendidikan dimohon untuk segera mengkonfirmasi kelengkapan data keikutsertaan AN melalui laman anbk.kemdikbud.go.id. BSKAP memberikan waktu mulai tanggal 31 Januari sampai dengan 12 Februari 2022 untuk melakukan verifikasi, konfirmasi, dan melengkapi data Asesmen Nasional ini.


Surat edaran BSKAP ini dapat diunduh pada artikel Verifikasi Data ANBK 2021, Tiap Sekolah Harus Segera Isi!

Cara Verifikasi Data Keikutsertaan ANBK

Lalu bagaimana cara melakukan verifikasi, konfirmasi, dan melengkapi data keikutsertaan Asesmen Nasional melalui laman ANBK ini?


Yang Harus Melakukan Verifikasi Data ANBK


Yang harus dipahami bahwa tidak semua madrasah dan sekolah yang mengikuti ANBK pada 2021 silam harus melakukan verifikasi data. Verifikasi data sebagaimana diharapkan oleh edaran ini hanya untuk sekolah dan madrasah yang terdapat selisih atau perbedaan data siswa peserta ANBK dengan hasil pengerjaan yang terkirimkan ke sistem.


Semisal pada sebuah madrasah, peserta ANBK adalah berjumlah 27 siswa tetapi oleh sistem yang jumlah responden yang sukses mengirimkan jawaban (mengerjakan asesmen) hanya 26 siswa untuk asesmen literasi dan 26 siswa untuk asesmen numerasi. Sehingga terdapat selisih antara jumlah peserta di dalam berita acara dan jumlah responden yang terkirim.


Sekolah dan madrasah dengan kondisi terjadi selisih jumlah peserta dengan hasil asesmen yang terkirim inilah yang harus melakukan verifikasi. Dan jika dibutuhkan harus melakukan upload ulang kekurangan data peserta.


Cara Melakukan Verifikasi Data Peserta ANBK


Untuk mengetahui harus melakukan verifikasi data atau tidak, bisa dilakukan dengan mengecek pada menu "Konfirmasi Peserta Didik" >> "Data Peserta Didik". 


Jika di dalamnya terdapat data dengan selisih antara kolom Jumlah Peserta dengan Jumlah Response Jawaban, maka diperlukan langkah-langkah untuk melakukan verifikasi dan konfirmasi data. Sebaliknya, jika laman tersebut hanya menampilkan halaman kosong berarti data telah benar dan tidak perlu melakukan verifikasi.


Langkah-langkah untuk melakukan verifikasi data adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman ANBK di alamat https://anbk.kemdikbud.go.id/. Login dengan menggunakan username dan password sekolah masing-masing
  2. Buka menu "Konfirmasi Peserta Didik" submenu "Penjelasan" untuk memahami apa yang harus dilakukan
  3. Buka menu "Konfirmasi Peserta Didik" submenu "Data Peserta Didik"
  4. Jika laman "Data Peserta Didik" ini menampilkan data berarti membutuhkan verifikasi. Sila isi kolom-kolom yang tersedia dengan cara mengeklik pada masing-masing kolom.
  5. Setelah selesai, klik tombol "Simpan"

Cara Verifikasi Keikutsertaan AN


Pengisian kolom "Konfirmasi", sebagaimana dijelaskan dalam submenu "Penjelasan", adalah dengan memilih pilihan sebagai berikut.

Untuk sekolah dan madrasah yang menggunakan moda online:

  • Tidak Hadir (jika peserta tidak hadir pada saat pelaksanaan AN)
  • Tidak Melaksanakan (jika satuan pendidikan tidak melaksanakan)
  • Melaksanakan (jika satuan pendidikan melaksanakan AN)

Sedang untuk moda semionline:
  • Belum Upload/Upload ulang (Jika belum upload atau sudah upload tetapi datanya masih kurang - akses upload data dibuka pada tanggal 31 Januari — 12 Februari 2022)
  • Tidak Hadir (jika peserta tidak hadir pada saat pelaksanaan AN)
  • Tidak Melaksanakan (jika satuan pendidikan tidak melaksanakan AN)

Selain melakukan verifikasi data keikutsertaan ANBK, masing-masing sekolah dan madrasah pun harus melakukan verifikasi dan konfirmasi data kepala sekolah dan guru yang mengisi survei lingkungan belajar. Terkait dengan hal ini sila baca artikel Ayo Madrasah sebelumnya, Cara Konfirmasi Data Kepsek dan Guru Pengisi SLB.

Nah, sila masing-masing madrasah untuk membuka laman ANBK masing-masing untuk mengecek status madrasahnya dan bisa menggunakan artikel cara verifikasi data keikutsertaan ANBK untuk menyelesaikannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »