6 Langkah Pengisian PDUM Kemenag 2022

S O N I 7:21 AM

Senin pagi (21/02/2022) laman PDUM resmi dibuka dan dapat diakses oleh madrasah. Lalu apa saja yang harus dikerjakan oleh madrasah di aplikasi terkait pendataan calon peserta Ujian Madrasah Tahun 2022 ini? Ayo Madrasah merangkum 6 langkah pengisian PDUM Kemenag yang harus segera dituntaskan.


Keenam langkah pengisian PDUM Kemenag Tahun 2022 tersebut meliputi login awal dan perubahan password default, melengkapi data madrasah, dan penarikan data siswa melalui sinkron Emis. Langkah berikutnya dilanjutkan dengan pengajuan validasi siswa, cek kelengkapan data calon peserta UM, dan terakhir adalah pencetakan DNS, DNT, dan kartu peserta Ujian Madrasah.

PDUM Kemenag

Langkah-langkah pengisian PDUM akan diuraikan di dalam artikel ini.


Sesuai dengan POS Ujian Madrasah 2022, pendataan peserta UM dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan (madrasah) melalui Aplikasi PDUM (Pangkalan Data Ujian Madrasah). Data dalam PDUM ini juga akan digunakan sebagai dasar penerbitan ijazah.


Aplikasi PDUM sendiri dibuka mulai tanggal 21 Februari 2022. Berdasar pengamatan Ayo Madrasah pagi ini (21/02/22) aplikasi sudah dapat dibuka dengan lancar.


Mengingat pentingnya peran PDUM, berikut Ayo Madrasah uraikan ke-6 langkah yang harus dituntaskan oleh madrasah melalui aplikasi PDUM ini.


6 Langkah Pengisian PDUM Kemenag 2022


Enam langkah pengisian PDUM Kemenag Tahun 2022 adalah sebagai berikut.


1. Login Awal dan Ubah Password Default


Mulai tanggal 21 Februari 2022, aplikasi PDUM sudah dapat diakses. Madrasah bisa langsung membuka laman aplikasi pendataan calon peserta UM ini melalui alamat https://pdum.kemenag.go.id/

Ganti Password PDUM

Saat pertama kali login, username dan password default yang digunakan adalah:

  • Username: NSM (Nomor Statistik Madrasah)
  • Password: NPSN / Nomor Pokok Sekolah Nasional sesuai dengan NPSN di Emis

Setelah berhasil login untuk pertama kalinya, akan muncul kotak pesan permintaan untuk mengubah password. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan akun dari pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Jika pesan perubahan password tidak muncul, pengubahan password dapat dilakukan dengan cara:
  • Klik ikon user di pojok kanan atas
  • Pilih "Ubah Password"
  • Muncul jendela "Ubah Password", masukkan password yang diinginkan di kedua kolom yang tersedia lalu klik "Save Changes"

Selesai, password telah berhasil diganti.

2. Lengkapi Data Madrasah

Langkah kedua yang harus dilakukan oleh madrasah adalah melengkapi data madrasah di menu "Data Madrasah" dan memastikan datanya telah benar. Data-data pokok madrasah yang diblok kelabu hanya dapat diganti lewat pengajuan kepada admin kabupaten/kota.

Sedang data yang diisi adalah terkait dengan Kepala Madrasah.

Khusus bagi madrasah yang belum terakreditasi, akan terdapat tambahan tombol pilihan madrasah mana yang ditumpangi.

Karena sebagaimana isi POS UM 2022, madrasah yang berhak melakukan Ujian Madrasah secara mandiri adalah madrasah yang telah terakreditasi.

Setelah semua data terisi dengan benar, klik tombol "Save" untuk menyimpan perubahan data.

3. Tarik Data Siswa

Langkah berikutnya yang harus dilakukan pada aplikasi PDUM Kemenag adalah melakukan penarikan data calon peserta ujian. 

Data siswa akan ditarik melalui proses sinkronisasi dengan EMIS. Karena itu sebelum melakukan penarikan data pastikan siswa kelas akhir telah terdata di Emis secara valid dan memiliki NISN. 

Tarik Data PDUM

Untuk melakukan penarikan data caranya cukup mudah yakni:
  • Buka menu "Data Siswa"
  • Klik tombol "Sync Emis" yang berada di pojok kanan atas

Jika proses penarikan berhasil, maka data siswa kelas akhir sebagai calon peserta Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 akan otomatis muncul lengkap dengan NISN, Nama, Tempat dan tanggal Lahir serta tingkat siswa.

4. Ajuan Validasi Siswa

Setelah berhasil menarik data langkah berikutnya adalah melakukan pengajuan validasi data siswa calon peserta Ujian Madrasah. Ajuan validasi terdapat di menu "Data Siswa" dengan tombol "Ajukan Validasi" yang terletak di pojok kanan atas, tepat di sebelah tombol "Sync Emis".

Selama dan setelah validasi maka fitur pada langkah ketiga (tarik data) akan dinonaktifkan oleh sistem. Jika diperlukan untuk melakukan penarikan ulang data madrasah harus melakukan pengajuan batal validasi.

5. Cek Kelengkapan Dara Siswa

Langkah berikutnya adalah pengecekan kelengkapan data peserta hasil pengajuan validasi oleh madrasah. Madrasah melakukan cek untuk memastikan seluruh siswa telah mendapatkan nomor peserta Ujian Madrasah.

Untuk memeriksa kelengkapan data bisa diakses dengan membuka menu "Cek Kelengkapan".


6. Cetak DNS, DNT, dan Kartu Peserta

Tahap terakhir terdiri atas tiga bagian sekaligus yaitu mencetak Daftar Nominasi Sementara (DNS), Daftar Nominasi Tetap (DNT), dan cetak Kartu Peserta UM.

Ketiganya dapat diakses melalui menu "Ujian Madrasah" di laman PDUM Kemenag. Menu ini memiliki tiga submenu yaitu Cetak DNS, Cetak DNT, dan Cetak Kartu.

Ketiganya hanya akan memuncul data calon peserta ujian setelah ajuan validasi disetujui oleh Kemenag.

Download Panduan Pengisian PDUM 2022


Langkah-langkah pengisian PDUM Tahun 2022 sebagaimana Ayo Madrasah uraikan di atas sangat mudah dan sederhana. Kunci utamanya adalah validitas data siswa kelas akhir yang ada di Emis.

Namun jika ingin membaca panduan secara offline, sila unduh panduan pengisian aplikasi PDUM melalui tombol download di bawah ini.

Keenam langkah pengisian PDUM 2022 sangat mudah dan cepat selama data siswa akhir di laman Emis sudah lengkap, benar, dan valid. Karenanya, madrasah bisa segera melakukan pengisian data di aplikasi PDUM ini hingga tuntas, hingga tercetaknya kartu peserta Ujian Madrasah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »