Mengenang Masa SMA Sebelum Jaman Sosmed

S O N I 20.20

Mengenang kisah pada masa sma memang tak pernah selesai untuk dibincangkan. Sekitar satu tahun setelah kelulusan sma aku dan beberapa teman dekat mengatur jadwal untuk kopdar, kami bercerita tentang kelakuan masa sma dan kami tertawa bersama. Dua tahun setelah kelulusan kami bertemu kembali, menceritakan hal yang sama dan kami juga tertawa bersama. Hampir sepuluh tahun setelah kelulusan kami bertemu lagi menceritakan hal yang sama dan kami tetap bisa tertawa seakan tak pernah bosan walaupun terus diulang-ulang,mungkin bukan ceritanya yang membuat kami tertawa sebahagia itu, mungkin pertemuan yang mengobati rasa kangen itulah sebabnya atau lainnya entahlah aku juga tak tahu.

Salah satu topik pembicaraan paling seru adalah mengenang tentang kisah percintaan, jika saya ingat kembali benar kata Pramoedya Ananta Toer dalam bukunya “...manusia terlalu sering bertepuk hanya sebelah tangan...” kisah percintaan masa sma memang terlampau banyak kisah cinta bertepuk sebelah tangan, kasih tak sampai. Ada Si A menyukai Si B namun Si B malah suka Si C, namun banyak juga cinta terpendam yang berani mengungkapkan, cukup hanya menjadi pengagum saja, cemen.

Pada saat kelas 1 sma aku yang memiliki wajah tak terlalu tampan dan juga tak jelek-jelek amat ini ternyata masih ada beberapa gadis sekelas yang menyukaiku sebut saja melati, namun sayang aku menyukai gadis lain kelas sebut saja cempaka, menurutku pacaran satu kelas itu gak keren, karena sebelumnya di masa smp aku pernah mengalaminya dan itu gak enak banget. Kembali ke kisahku, melati yang menyukaiku ini ternyata satu daerah dengan cempaka gadis yang aku suka dan mereka juga bersahabat, didaerah mereka memang terkenal melahirkan gadis-gadis cantik dan untuk beberapa saat waktu itu aku juga ingin dilahirkan di daerah tersebut, heuheu...salah satu modus pdkt dengan kelas lain adalah lewat pinjam buku paket, kebetulan jadwal pelajaran sehari biasanya dibuat hampir sama cuma beda jam saja. Demi menjaga perasaan masing-masing akhirnya kami cuma bersahabat, friendzone cuk.

Sarana komunikasi masih menggunakan HP yang sangat jadul nokia 1100, layar hitam putih , speaker belum polyphonic, dan game legendaris snake. Salah satu sms andalanku saat sma yang masih kuingat.
Aku : no.hp ibumu berapa?
Cempaka : lho mau apa tanya no. Ibuku?
Aku : mau ngucapin maksih sdh ngelahirin gadis secantik kamu
Eaaaaaa......

Ketika kenaikan kelas 3 dan penempatan siswa tiba, untuk ketiga kalinya aku tak bisa sekelas dengan cempaka. Kemudian aku sadar dua hal, selain kamu tidak bisa memilih lahir dimana kamu juga tidak bisa memilih satu kelas dengan siapa. Lha kepiye iso sekelas hawong beda jurusan....telo

Masa sma tidak melulu soal cinta, ada yang lebih dari cinta namanya adalah persahabatan. Boleh saja cinta putus ditengah perjalanan namun tidak bisa dengan persahabatan, persahabatan itu abadi, kenthal, sekental kopiku ro kopimu lur, ora kempyar ora ambyaran.

Teman sekelas itu unik dan berbeda-beda, seragam hanya luarnya saja. Entah kebetulan atau tidak setiap kelas itu memiliki beberapa grup, ada grup cerdas terdiri dari beberapa siswa yang cerdas dan menjadi andalan ketika ada PR dari guru, kemudian ada grup anak band yang terdiri beberapa siswa pecinta musik biasanya obrolan seputar musik kemudian ngejam sepulang sekolah, selanjutnya ada grup anak motor obrolan biasanya seputar modif motor jual beli onderdil hingga balap liar atau Dragbike, selanjutnya grup sepakbola, nah...aku masuk grup ini biasanya obrolan seputar klub-klub sepakbola, transfer pemain bintang, hingga taruhan pertandingan, yang kalah biasanya ntraktir makan, selanjutnya ada grup pecinta alam obrolan seputar petualangan, dan terakhir grup pecinta b*kep...heuheu....obrolan seputar koleksi hingga saling tukar kaset vcd.
Tiada masa paling indah... Masa-masa disekolah....Tiada kisah paling indah... Kisah-kasih disekolah...lirik alm chrisye dalam lagunya
 


Artikel Terkait

Previous
Next Post »